Pipa baja umumnya tersedia dalam bentuk silinder namun tersedia juga dalam bentuk persegi, persegi panjang dan juga segitiga. Pipa baja digunakan dalam berbagai industri. Ketebalan dinding pipa baja bervariasi dari suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Keuntungan dari tabung baja berlubang/pipa terletak pada  prosesnya. Dibandingkan dengan beton, tabung hampa dan pipa yang jauh lebih ringan dan bermacam penggunaan.Tabung hampa dapat juga dipangkas dengan mudah menggunakan pemberat. Pipa baja dan tabung memiliki kekuatan sangat tinggi. Ini adalah khusus digunakan dalam industri konstruksi dan tahan lama.

Pipa-pipa berbentuk silinder digunakan sebagai jalur pipa untuk pasokan energi - minyak, gas, air dan cairan mudah terbakar lainnya. Bentuk persegi panjang atau persegi yang secara luas digunakan dalam struktural bangunan, penggunaan domestik seperti rak, trailer,  namun umumnya untuk kerangka bangunan.

Dengan berat yang sama, pipa berongga lebih kuat dari pada pipa atau tabung padat namun, dengan diameter yang sama yang solid kuat. Karena berat unit per tabung berongga lebih kuat dari pada pipa padat, tabung hampa juga digunakan untuk jembatan dermaga oleh tekuk. Untuk daktilitas lebih teknik jacketing FRP dermaga yang telah digunakan. Bagian dalam dari tabung berongga diisi dengan inti beton untuk memperkuat sedangkan, bagian luar tetap terlindungi dengan jacketing FRP.