Pipa baja persegi digunakan dalam berbagai industri. Saat ini, produksi pipa ini meningkat sangat besar. Kolom pipa persegi lebih efisien. Dibandingkan dengan pipa baja bulat, pipa baja persegi lebih kuat dan juga tahan lama. Paduan yang digunakan untuk manufaktur pipa baja persegi adalah baja karbon.

Dalam sebuah struktur ruang bangunan tradisional, bagian melingkar menggunakan baja. Kemudian ujung permukaan kurva disambung dengan pengelasan.

Proses tradisional memerlukan waktu lama dan tampaknya akan sulit. Untuk mengatasi masalah tersebut para insinyur mulai menggunakan pipa baja persegi. Pipa-pipa baja persegi yang digunakan dalam konfigurasi khusus. Pipa-pipa baja persegi yang masing-masing selaras dalam tegak lurus dan sejajar dengan bidang tubuh bingkai kemudian titik-titik persilangan anggota bar bergabung sepanjang garis disegel pendek dengan pengelasan butt.
Pipa-pipa baja yang digunakan dalam proyek-proyek struktural, rak, trailer dan dalam tujuan dekorasi. Kerangka yang dibuat oleh pipa baja persegi, digunakan untuk memberikan dukungan ke atap. Kerangka kerja ini juga digunakan sebagai baffle ventilasi atap.